Pages

Rabu, 21 Januari 2015

SELAMATKAN JENDELA DUNIA!!



OLEH MAHAR DEWI
Jendela dunia,,taukah anda apa yang di sebut  jendela dunia ?lalu apa jendela dunia kita itu?
Jendela dunia adalah hal yang sangat membantu kita untuk bisa melihat indahnya dunia,bisa tau gelap dan terang,bisa mengetahui apa yang ada di sekitar kita,pengumpul memory dalam otak.
Jadi??apa anda sudah tahu apa itu jendela dunia?? “MATA”,,ya!! Mata…mata merupakan jendela dunia kita. Mata adalah indra penting yang diberikan Tuhan ini sangat berperan penting bagi kehidupan.selain sebagai pengumpul memory dll tadi di atas, masih banyak lagi fungsi mata yang sangat mutlak bagi kita seperti pembuka wawasan pun lewat indra yang satu ini.
Perlu di ketahui pula,,bahwa jendela dunia atau lebih sering d sebut mata ini kita dapatkan secara Cuma-Cuma atau gratis tiss tiss.mata ini adalah pemberian Yang Maha Kuasa .SubhannalLoh..sungguh nikmat kuasa Alloh…pemberian Alloh yang gratis ini seharusnya di jaga,di rawat,dan lindungi serta menggunakannya secara baik dan bijak.inilah cara kita bersyukur kepada Tuhan..
Namun,,di era modern ini,seiring perkembangan teknologi terutama dibidang komputerisasi,mata sering kali dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk menerjemahkan visual yang di tampilkan oleh layar computer maupun televisi.mata di paksa untuk berlama-lama berada di depan layar ajaib ini.layar yang bisa memanjakan mata,tapi di sisi lain sungguh sangat berbahaya bagi kesehatan mata kita…di satu sisi kita cukup puas dan begitu dimanjakan dengan teknologi masa kini yang bisa menampilkan apapun yang kita inginkan pada layar monitor TV,laptop,i-pad ataupun pun phone call kita. Tapi tanpa sadar semua itu sudah membuat kita mengabaikan kesehatan mata kita.
Mungkin sekarang ini sangatlah mudah menjumpai orang berkacamata, dan tidak jarang yang berkaca mata itu anak-anak. Anak kecil yang sudah bekaca mata tebal mungkin banyak kita temui sekarang ini.lalu pada siapa kita harus menyalahkan?? Pada anak yang belum tau apapa itu? Atau pada orang tua yang selsalu memanjakannya dengan fitur-fitur elektronika yang pada akhirnya justru mengganggu ksehatan anaknya, karena para orang tua lalai akandampak bagi kesehatan di balik canggihnya fasilitas yang ada.kasihanilah mata kita,jangan sampai kita tergantung pada alat untuk melihat seperti kaca mata.
Mata yang begitu sensitive.mata yang begitu tipis,terkena sinar jahat yang selalu terpancarkan dari ponsel,computer ataupun segala elektronik yang selalu ada di depan mata kita.mungkin jika mata di ijinkan untuk berbicara,dia akan merengek kesakitan. Namun kuasa Alloh memanglah tak terbatas,meskipun mata begitu tipis,dan sensitive,namun ia sangatlah kuat . memang sangatlah kuat,tapi tak di pungkiri semua itu ada batasnya,seperti halnya mata kita. Mata mmpunyai batas kemampuan tertentu..mata mampu bertahan dalam jangka waktu tertentu.jika mata tak di rawat dengan baik,tak di gunakan dengan baik bahkan mungkin selalu di minta untuk bekerja ekstra keras di depan monitor maka kesehatan mata akan terganngu.
Pada awalnya tak terasa ancaman kesehatan mata ini,mungkin gatal atau perih sedikit yang timbul setelah kita berada di depan monitor dalam waktu lama.namun,,bisa di bayangkan jika mata kita selalu di hadapan monitor setiap harinya??
Coba kita lihat pada kenyataan yang ada,pada fakta yang ada di lapangan:
kasus kasus:
1.      Anak usia dini(2-4tahun) bermain I-pad dengan alasan untuk belajar.
2.      Anak  usia 5-7 tahun bermain game online,PS ataupun i-pad dengan alas an dari pada main kotor-kotoran di luar rumah.
3.      Segala umur,mulai dari balita sampe manula menonton tv dengan cara buruk,seperti smbil tiduran,dan lebih parahnya lagi  menonton tv smbil tiduran tepat dibawah depan tv denga n alasan PW(posisi Wenak).
4.      Dari segala umur pula menggunakan phonecall dengan:
·         Terlalu dekat dengan mata
·         Terlalu sering
·         Terlalu lama
·         Terlalu asyik
·         Menggunakannya pada keadaan gelap (tanpa penerangan)
·         Dan masih banyak hal lain.
5.      Candunya barang elektronik masa kini yang tak lagi mmperhatikan kesehatan mata para si penggunanya.
6.      Membaca buku terlalu dekat membaca buku/novel.
7.      Dan masih banyak hal lainnya..
Taukah anda apa yang akan terjadi pada mata yang mengalami hal hal tersebut di atas??
Hal ini di sering di sebut dengan “Radiasi”. Radiasi yang di hasilkan pada komuter atau leptop yaitu sinar-X dan sinar Ultraviolet. Lalu apakah dampak yang akan terjadi pada mata kita??
v  Dampak jangka pendek
·         Mata sering berair
·         Mata cepat terasa lelah
·         Akibat kerja mata yang berlebihan di depan komputer berpotensi mempengaruhi produktivitas hormon melatonin dalam tubuh (hal ini dapat menimbulkan berbagai keluhan, seperti sakit kepala,pusing,keletihan dan insomnia)
·         Asthenopia, yaitu pupil mata menjadi lambat bereaksi terhadap cahaya,karna terlalu lama terkena mata yang berlebihan.
v  Dampak jangka panjang
·         Katarak,penyakit mata ini bisa timbul karna adanya paparan sinar ultraviolet yang berlebih sehingga mengakibatkan kekeruhan pada lensa mata.meskipun seringnya penyakit mata ini timbul karna faktor usia.
·         Dermatitis pada kulit muka. Dermatitis ini sering di tandai dengan adanya kemerah-merahan pada kulit wajah yang terbukti gangguan kesehatan ini di pengaruhi radiasi VDU secara langsung.(telah dilakukan penelitian oleh Tjon dan Rycrof)
·         Gangguan seksual yang dimaksud disini ana berkurangnya produktivitas hormone yang mengakibatkan berkurang pula tingkat kesuburan bagi pria maupun wanita.
Sekarang, anda sudah tau kan apa dampak yang di timbulkan ? lalu apakah anda akan tetap memanjakan mata anda atau mungkin anak anda,bahkan adik anda sekalipun?dengan membiarkannya berlama2 bermain game, menonton TV terlalu dekat yang awalnya di biarkan karna PW(posisi wenak),dan pada akhirnya akan berdampak begitu fatal. Apakah ada akan tetap memaksakan mata anda untuk bekerja lebih lama di depan monitor?? Penyesalan kan dating akhir,bukan awal..so..mulailah hidup sehat.disiplin dan be smart
Jagalah mata dengan sebaik-baiknya.tanpa mata.hidup menjadi gelap, hitam tanpa warna. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Semoga anda adalah orang-orang yang beruntung. Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar